Desa Doudo Pemenang Lomba PKK-KB-Kesehatan Jatim 2017

Desa Doudo Pemenang Lomba PKK-KB-Kesehatan Jatim 2017

Ketua TP PKK Kab. Gresik Maria Ulfah menunjukkan produk unggulan Desa Doudo kepada tim penilai.

Tidak hanya lomba 10 program pokok PKK yang sudah diketahui pemenangnya, TP PKK Prov. Jatim juga menetapkan kabupaten/kota juara lomba PKK-KB-Kesehatan tingkat provinsi. Daerah mana saja?

Tiga kota yang diwakili masing-masing kelurahan dan 12 kabupaten yang diwakili 12 desa berjaya dalam lomba PKK KB-Kesehatan tingkat Jatim 2017. Suka cita pun menyeruak di antara para kader yang sukses membawa daerahnya meraih gelar juara, baik sebagai juara I, II maupun III.

Dalam satu tahun, TP PKK Prov. Jatim menggelar dua lomba, yakni lomba 10 program pokok PKK dan lomba PKK KB Kesehatan. Penilaian kedua lomba tersebut pun telah purna. Setelah penetapan juara lomba 10 program pokok PKK, giliran lomba PKK KB Kesehatan yang digelar.

Tahapan penyelenggaraan lomba PKK KB Kesehatan masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni dimulai dari penilaian administrasi hingga verifikasi lapangan. Namun, penyelenggaraan tahun ini sedikit berbeda.

Dalam dua tahun terakhir, kategori lomba untuk TP PKK kota adalah PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), LBS (Lingkungan Bersih dan Sehat), dan Posyandu. Untuk kali ini, kategori lomba untuk kota adalah PHBS, Posyandu, dan PKK-KB-Kesehatan. Sementara kategori lomba untuk TP PKK kabupaten tetap. Yakni, PKK-KB-Kesehatan, PHBS, Posyandu, dan LBS.

Setelah melalui proses penilaian yang ketat pada Januari 2018, tim penilai akhirnya memutuskan juara di lomba-lomba tersebut. Desa Waturejo, Kec. Ngantang, Kab. Malang menjadi jawara untuk kategori Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan. Desa Doudo, Kec. Panceng, Gresik sukses menyabet jawara untuk lomba LBS. Sedangkan juara I lomba PHBS di rumah tangga berhasil disabet Desa Napo Laok, Kec. Omben, Kab. Sampang.

Lomba Posyandu kategori kabupaten berhasil dimenangkan Desa Pacing, Kec. Bangsal, Kab. Mojokerto. Tapi sayang, meski berhasil di tingkat Jatim, kabarnya Desa Pacing tidak bisa mewakili Jatim berlomba di level nasional.

Ketua TP PKK Kec Bangsal, Etik Widyawati, mengatakan, sangat puas dengan keberhasilan Desa Pacing. “Tapi ya kabarnya kami nggak bisa ikut bersaing di tingkat nasional. Karena Jawa Timur sudah tiga kali berturut-turut meraih juara di kategori Posyandu. Itu ‘kan masih kabarnya, mudah-mudahan bisa ikutlah,” lanjut Etik, istri M Ridwan, Camat Bangsal.

Sementara untuk kategori kota, Kel. Tembok Rejo, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan berhasil menjadi juara I dalam lomba Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan. Delegasi Kota Surabaya, Kel. Kandangan, Kec. Benowo sukses menjadi juara I lomba Posyandu. Sedangkan lomba PHBS dijuarai Kel. Manguharjo, Kec. Manguharjo, Kota Madiun.

Berlomba Tampilkan yang Terbaik

Para pemenang dalam lomba PKK-KB-Kesehatan memiliki keunggulan tersendiri. Misalnya, Desa Waturejo. Desa yang mewakili TP PKK Kab. Malang itu memiliki modal sosial berupa masyarakat yang guyub rukun dalam membangun desanya. Desa ini juga aktif menyukseskan program Pemkab Malang, yakni pengurangan angka kemiskinan, pelestarian lingkungan hidup, dan peningkatan pariwisata.

TP PKK Desa Waturejo juga memiliki sejumlah inovasi, di antaranya Pondok Jampi, Posyandu Cilukba (Ceria Imut Lucu Bahagia), Gerakan Cinta Paksa (cuci tangan pakai sabun), KRPL dengan mewajibkan lima polybag tiap rumah, Judo Jumantik Sumbergondo, Ovitraf dan ODV yang dimulai sejak tahun 2016.

Sementara Desa Doudo, juara I lomba LBS juga memiliki inovasi yang tak kalah ciamik. Kondisi lingkungan di desa ini tampak bersih dan asri. Kondisi tersebut didukung dengan inovasi yang bernama ‘Gerakan Pakai Jas Merah’. Inovasi itu adalah pengelolaan air secara kreatif, aktif dan inovatif, serta menjadikan sampah menjadi berkah. Keberadaan bank sampah yang telah tertata rapi semakin menambah nilai plus desa ini.

Kriteria penilaian dalam lomba tersebut meliputi, rumah sehat, pemanfaatan pekarangan rumah dengan tanaman toga, pola makan sehat, serta saluran air yang bagus agar tidak tergenang terutama di musim hujan. “Kami optimistis dapat melaju di tingkat nasional untuk mewakili Jatim,” ucap Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Maria Ulfah Sambari.

Ternyata optimisme Ulfah tersebut menjadi kenyataan. Dengan menjuarai lomba LBS, TP PKK Kab. Gresik berhak mewakili Jatim dalam lomba PKK-KB-Kesehatan di tingkat nasional. (via, ins)

PELAKSANA TERBAIK KEGIATAN KESATUAN GERAK PKK, KB – KESEHATAN,
LBS, POSYANDU, DAN PHBS
PROV. JATIM TAHUN 2017

KATEGORI KABUPATEN :
NO DESA/KELURAHAN KECAMATAN KABUPATEN NILAI JUARA
KEGIATAN KESATUAN GERAK PKK, KB-KES
1 Waturejo Ngantang Malang 7.269 I
2 Jambewangi Sempu Banyuwangi 6.893 II
3 Pangarangan Kota Sumenep 6.397 III
POSYANDU
4 Pacing Bangsal Mojokerto 7243 I
5 Binangun Binangun Blitar 7099 II
6 Talampong Banyuglugur Situbondo 6088 III
LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT
7 Doudo Panceng Gresik 7327 I
8 Brotonegaran Ponorogo Ponorogo 6794 II
9 Gading Tugu Trenggalek 6524 III
PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI RUMAH TANGGA
10 Napo Laok Omben Sampang 7460 I
11 Randu Jalak Besuk Probolinggo 6585 II
12 Kranggan Gurah Kediri 6085 III
KATEGORI KOTA :
NO     KOTA   JUARA
PKK-KB-KESEHATAN
1 Tembok Rejo Purworejo Pasuruan 6334 I
POSYANDU
2 Kandangan Benowo Surabaya 7095 I
PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)
3 Manguharjo Manguharjo Madiun 7790 I

Sumber: Sekretariat TP PKK Prov. Jatim

 

(sumber : http://derapdesa.id/pemenang-lomba-pkk-kb-kesehatan-jatim-2017-sudah-ditetapkan-siapa-saja/ )

Dipost Oleh

Post Terkait