Sukses Gresik Berhias, Kandidat Juara Jawa Timur

Sukses Gresik Berhias, Kandidat Juara Jawa Timur

PENILAIAN : Ketua TP PKK Gresik Hj Maria Ulfa mendampingi Umi Yuliati, Kabid Penduduk Dinas Pemberdayaan Perempuan Jawa Timur. (Yudhi/Radar Gresik)

ESTI SEPTIANI

Wartawan Radar Gresik

DALAM ajang Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBK-Kesehatan Provinsi Jawa Timur kategori LBS (Lingkungan Bersih dan Sehat) ini, Desa Doudo, Kecamatan Panceng mendapat kunjungan tim juri. Ini merupakan tahun ketiga Gresik menjadi pesaing berat bagi kabupaten lain di Jawa Timur. Kali ini Desa Doudo mendapat giliran pertama peninjauan lapangan tim juri. Mereka dipimpin Umi Yuliati, Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.

Rombongan tim disambut Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Gresik Hj. Maria Ulfah Sambari. Dalam paparannya kepada tim juri, Hj Maria Ulfa memaparkan 10 inovasi. Itu digagas oleh warga Desa Doudo bersama para kader KB dan kader lingkungan.

Salahsatu paparannya adalah seputar program Jas Merah. "Ini penjelasan dari pengelolaan air secara kreatif, aktif dan inovatif, serta jadikan sampah menjadi berkah," kata istri Bupati Sambari Halim Radianto ini.

Dikatakan, inovasi tersebut selain bermanfaat bagi kesehatan juga menjaga keberlangsungan menjaga kebersihan lingkungan. "Ini sekaligus bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat di desa tersebut," imbuh Ketua TP PKK Gresik.

Sementara itu Umi Yuliati, Ketua Tim Juri menilai, sejak masuk gerbang Desa Doudo, pihaknya kagum dengan kondisi lingkungan yang bersih dan asri. Apalagi dengan adanya inovasi yang bernama Gerakan Pakai Jas Merah.

“Kami juga mendapati adanya bank sampah. Pengelolaannya sudah tertata rapi. Namun kami berharap keterlibatan masyarakat dapat lebih ditingkatkan lagi disini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Hj Maria Ulfah Sambari menyebutkan, Desa Doudo mewakili Gresik bersaing bersama Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Trenggalek.

Ketua TP-PKK Kabupaten Gresik optimis, Desa Doudo mampu bersaing dengan daerah lain. Dia berharap Desa Doudo juara dan mewakili Jawa Timur untuk bersaing di tingkat nasional.

“Kami tunggu hasil penilaiannya, dan kami optimis dapat melaju di tingkat nasional mewakili Jawa Timur,” pungkas Hj Maria Ulfa Sambari. (*/ris)

(sb/est/ris/JPR)

 

(sumber https://www.jawapos.com/radarsurabaya/read/2018/01/24/42962/sukses-gresik-berhias-kandidat-juara-jawa-timur)

Dipost Oleh Super Administrator

Admin Website Desa Doudo

Post Terkait

Tinggalkan Komentar